Hai Kamu yang Ngaku Generasi 90-an, Tau 12 Mitos Ini Nggak?

Hai Kamu yang Ngaku Generasi 90-an, Tau 12 Mitos Ini Nggak?

Bisa dibilang beruntung jika kamu termasuk generasi yang lahir atau tumbuh di era tahun 90an. Generasi tanpa gadget dan teknologi yang masih bisa bahagia dan tertawa lepas walaupun dengan hal-hal sederhana. Banyak memori-memori indah yang tak bisa lagi diulang pada zaman sekarang. Tak hanya tentang mainan, gaya hidup, pertemanan, atau acara tv 90an yang bikin kangen, namun juga tentang “mitos” yang sempat bikin was-was pada jaman itu.

Jangan salah, sebahagianya anak tahun 90an pasti bakal was-was juga sama pulpen wangi yang katanya isi narkoba atau hutang darah gara-gara nggak sengaja melangkahi orang yang tiduran. Semua mitos-mitos tersebut pernah ngetrend pada masanya yang ajaibnya bisa bikin generasi milenium terkenang hingga sekarang. Mungkin dari 12 mitos dibawah ini ada yang pernah kamu alamin?

UNTUK MENDAPATKAN PRODUK INI ATAU INFORMASI LEBIH LANJUT, SILAHKAN HUBUNGI:

CUSTOMER CARE TIKA :  0857-3314-8676 (INDOSAT)

WA KLIK : HTTP://BIT.LY/085733148676

BBM : HTTP://BIT.LY/DDB856EE

LINE : HTTP://LINE.ME/TI/P/~FOLTIBAFFI_CENTER

WEB : HTTP://WWW.OBATPENUMBUHKUMIS.NET

Mitos yang Ngehits di Tahun 90-an (Via papasemar.com)

1. “Nyapu yang bersih, biar suaminya nggak brewokan”

Untuk anak gadis jaman semono, menyapu harus dilakukan dengan sungguh-sungguh. Sebab kalau asal-asalan dan hasilnya nggak bersih, kata ibu nanti suaminya brewokan. Dulu sih belum kenal oppa-oppa Korea yang lucu walaupun brewokan sekalipun. Yang ada brewokan jaman dulu identik sama om-om penjahat, makanya kalau nyapu harus yang bener-bener bersih ya.
Napu bersih biar suaminya nggak brewokan (Via kabelan-kurnia.blogspot.com)

2. “Sedotannya dibalik dulu, nanti hamil lho”

Mitosnya sih kalau ada cowok cewek yang pakai sedotan yang sama nanti bisa hamil, makanya kalau mau minjem sedotan mesti dibalik dulu ujungnya. Yah, namanya juga generasi polos yang belum ngerti gimana cara kerja reproduksi manusia. Bukan cuma itu, bahkan yang minum lewat satu sedotan yang sama bisa dianggep ciuman (secara nggak langsung). hmm~

Minum lewat sedotan bisa bikin hamil (Via kwikku.com)

3. Mitos pensil seujung kelingking

Mitos satu ini kental banget dikalangan anak sekolahan. Katanya sih kalau pensil yang pendeknya udah sejari kelingking masih kamu pakai nanti ibumu bisa meninggal. Sampai sekarang masih belum paham kenapa pensil pendek bisa bikin ibu meninggal, tapi ya namanya mitos percaya nggak percaya tetep aja dipercaya.
Mitos pensil pendek (Via everythingtoorisky.blogspo.com)

4. “Nih pegang batu aja biar nggak kebelet BAB”

Percaya nggak percaya, batu bisa lho ngilangin rasa kebeletmu. Taruh aja di saku celana atau kamu genggam kuat, niscaya rasa kebelet bakalan ilang dengan sendirinya. Inilah yang dipercaya anak 90an. Saking percayanya (mungkin) ada sebagian dari kamu yang rela bawa-bawa batu saat pelajaran atau main biar nggak kebelet pup. Iya kan?

Batu untuk nahan kebelet (Via kaskus.co.id)

5. Mitos hutang darah (?)

Jadi udah berapa banyak hutang darahmu? Mitos ini sempat menjadi ngetrend pada saat itu yang bikin anak milenium hati-hati jangan sampai melangkahi orang yang sedang tiduran. Sebab saat tak sengaja melangkahi, kamu akan dianggap hutang darah jika orang yang kamu langkahi tak balik melangkahimu.
Melangkahi orang tidur (Via iniiramaaieh.blogspot.com)

6. “Biar bisa terbang di ‘HAAAHH’-in dulu”

Kamu yang masa kecilnya penggemar pesawat kertas pasti tak asing dengan mitos yang satu ini. Jadi kabarnya biar pesawat kertasmu bisa terbang tinggi dan bagus, harus kamu ‘HAAAHH’-ini dulu sebelum terbang. Kalau pesawatmu beneran terbang tinggi berati jampe-jampemu berhasil.

pesawat kertas (Via coffee-philia.blogspot.com)

7. “Jangan keluar saat maghrib nanti diculik kalong wewe”

Mungkin mitos satu ini turut ambil bagian mendisiplinkan generasi 90an. Kata orang tua dulu sih kalau kamu keluar atau main pas maghrib bisa diculik kalong wewe, jin, genderuwo ataupun makhluk astral lainnya. Ini sebabnya jaman dulu anak-anak udah standby dirumah sebelum maghrib. Berbeda dengan sekarang yang bisa dengan santainya ngeluyur pas adzan maghrib berkumandang.

Diculik wewe (Via nnramma.wordpress.com)

8. Mitos warna putih di kuku tangan

Pernahkah kamu lihat kuku-kuku jari tanganmu dan menemukan tanda/ garis berwarna putih? Jika kamu temukan ada di tangan kanan tandanya ada yang sedang menyukaimu, namun jika di tangan kiri tandanya ada yang membencimu. Mitos ini sangat populer dan banyak dipercaya. Bayangkan saja saat kamu naksir si A, tiba-tiba muncul tanda putih di kuku tangan kanan, pasti kamu bahagia banget dikira si A juga naksir kamu, iya kan?

Mitos kuku (Via fantasticblue.net)

9. “Jangan duduk diatas bantal nanti bisulan”

Begitulah kata orang tua jaman dulu. Generasi dulu percaya kalau duduk diatas bantal (untuk kepala) nanti bisa kena bisul di pantat. Memang dirasa kurang sopan jika kamu duduk diatas bantal tidur makanya orang dulu sampai rela bikin mitos ini.

Duduk di atas bantal (Via ortibali.com)

10. “Coba liat anakmu ada berapa”

Bahagianya generasi 90an emang sederhana, sesederhana cara tahu berapa jumlah anakmu kelak walaupun tanpa teknologi canggih. Coba saja sek pergelangan tangan, lalu tekan dan cari ada berapa benjolan. Jika hanya satu, tandanya kamu akan punya anak 1 kelak, kalau ada 2 berati anakmu 2.
Mitos pergelangan tangan (Via kae16die.blogspot.com)

11. Mitos pulpen narkoba

Pulpen ini sempat populer dulu gara-gara isu narkoba yang disembunyiin didalemnya yang bikin aromanya jadi wangi dan bikin ketagihan. Fenomena ini sempat bikin heboh anak-anak sekolah pada jaman itu sehingga tak berani menggunakan pulpen ini. Padahal pupen wangi ini punya bentuk yang lucu dan unik dan biasa dijual di depan sekolah.

Pulpen narkoba (Via mindtalk.com)

12. “Awas jangan nunjuk-nunjuk kuburan”

Dulu kalau nggak sengaja nunjuk-nunjuk ke arah kuburan kamu harus lansung menghisap jarimu. Konon, jika tak langsung kamu hisap kamu akan dihantui oleh penunggu kuburan yang kamu tunjuk. Lumayan serem sih mitos yang satu ini. Alhasil, banyak generasi 90an yang nggak berani nunjuk ke arah kuburan bahkan sampai sekarang. Kamu salah satunya?

Menunjuk kuburan (Via gettyimages.com)

Namanya juga mitos, kamu boleh percaya atau tidak. Setidaknya 12 mitos diatas pernah dipercayai oleh generasi milenium saat itu. Mitos yang menjadi kenangan dan akan membuatmu senyam-senyum sendiri jika mengingatnya. Jadi, mitos mana nih yang pernah kamu percaya? Atau mungkin ada mitos lain di daerah kamu? Yuk bagikan pengalamanmu di kolom komentar 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *