Jenggot Gatal Terus? 5 Hal Ini Bisa Jadi Penyebabnya!

Jenggot Gatal Terus? 5 Hal Ini Bisa Jadi Penyebabnya!

Memiliki jenggot yang terawat merupakan idaman sebagian laki-laki. Bahkan banyak yang beranggapan bahwa dengan memiliki jenggot, sisi maskulin seorang laki-laki akan lebih terlihat. Menumbuhkan jenggot mungkin bukan merupakan hal yang sulit, tapi dibutuhkan perhatian yang ekstra untuk merawatnya. Jangan sampai jenggot yang seharusnya menambah rasa percaya diri justru membuat Anda menjadi tidak nyaman, terlebih bila sering mengalami jenggot gatal. Pernahkah Anda mengalaminya?

Penyebab jenggot gatal

Jenggot atau rambut yang tumbuh di daerah dagu umumnya dimiliki oleh beberapa laki-laki. Namun, tidak semua laki-laki nyaman dengan adanya jenggot yang tumbuh di wajah mereka. Meski ada yang merasa lebih percaya diri, sebagian lainnya justru tidak betah karena jenggot terasa gatal.

Nah, sebenarnya jenggot gatal bisa diatasi dan diredakan. Yang penting Anda harus tahu dulu apa saja penyebab jenggot gatal. Simak penjelasannya di bawah ini, ya.

1. Kulit kering

Kulit kering bisa disebabkan karena cuaca dingin atau udara yang sangat kering. Membasuh jenggot dengan air panas dalam waktu yang lama juga akan berdampak membuat kulit Anda menjadi kering.

Perhatikan sampo atau sabun yang Anda gunakan untuk membersihkan jenggot. Alih-alih membuat jenggot Anda lebih bersih, minyak alami yang terdapat pada kulit justru bisa menipis yang pada akhirnya menyebabkan kulit kekurangan minyak dan menjadi kering sehingga menjadi penyebab jenggot gatal.

2. Rambut jenggot tumbuh ke dalam

Kasus ini biasanya terjadi ketika jenggot yang telah dicukur atau dipotong tidak tumbuh ke arah luar, tapi kembali ke lapisan dari struktur kulit tempat di mana jenggot tumbuh.

Pada akhirnya, folikel menjadi kemerahan serta meradang dan membuat gatal jenggot Anda. Biasanya hal ini banyak dialami oleh laki-laki dengan tipe rambut keriting.

Ketika beberapa waktu setelah mencukur jenggot terasa gatal dan merah di sekitar area yang telah Anda cukur, amati dengan cermat. Mungkin ada rambut jenggot yang tumbuh tidak seperti seharusnya.

3. Infeksi bakteri

Penyebab gatal pada jenggot Anda bisa disebabkan oleh adanya infeksi jamur, virus, ataupun bakteri pada lapisan folikel rambut. Bakteri penyebab gatal ini bisa datang dari mana saja, termasuk pisau cukur jenggot atau handuk yang kotor dan berjamur.

Bila hal ini terjadi pada Anda, sebaiknya bersihkan area yang ditumbuhi jenggot dengan sampo atau sabun pembersih jenggot serta perhatikan kebersihan dan cara penyimpanan alat cukur.

4. Eksim seboroik

Eksim seboroik atau dermatitis seboroik merupakan suatu kondisi ketika kulit Anda terasa gatal, merah dan menimbulkan sisik. Kasus ini biasanya muncul pada area kulit yang ditumbuhi rambut. Selain pada jenggot, kondisi ini sering juga terjadi di kepala.

5. Alat cukur tidak bersih

Selain karena faktor yang telah disebutkan di atas, banyak kejadian jenggot gatal yang disebabkan oleh alat cukur yang tidak dijaga kebersihannya. Meskipun terlihat sepele, jangan remehkan semua proses perawatan jenggot Anda.

Selalu simpan alat cukur di tempat bersih dan tertutup, jangan lupa juga untuk selalu membersihkan alat cukur setelah selesai digunakan. Selain menjaga kebersihan alat cukur, cara Anda mencukur jenggot juga harus diperhatikan.

Pada intinya, langkah mencukur jenggot tidak sulit. Hindari mencukur sampai terlalu dalam dan jangan terlalu sering mencukur jenggot; idealnya biarkan jenggot tumbuh sekitar 2-4 minggu sebelum akhirnya Anda mencukurnya kembali. Selain itu, oleskan krim cukur sebelum Anda mencukur jenggot.

Namun, jika gatal pada jenggot tidak kunjung sembuh, Anda bisa mengonsultasikan hal ini dengan dokter kulit untuk diketahui penyebab lainnya.

Hai Kamu yang Ngaku Generasi 90-an, Tau 12 Mitos Ini Nggak?

Hai Kamu yang Ngaku Generasi 90-an, Tau 12 Mitos Ini Nggak?

Bisa dibilang beruntung jika kamu termasuk generasi yang lahir atau tumbuh di era tahun 90an. Generasi tanpa gadget dan teknologi yang masih bisa bahagia dan tertawa lepas walaupun dengan hal-hal sederhana. Banyak memori-memori indah yang tak bisa lagi diulang pada zaman sekarang. Tak hanya tentang mainan, gaya hidup, pertemanan, atau acara tv 90an yang bikin kangen, namun juga tentang “mitos” yang sempat bikin was-was pada jaman itu.

Jangan salah, sebahagianya anak tahun 90an pasti bakal was-was juga sama pulpen wangi yang katanya isi narkoba atau hutang darah gara-gara nggak sengaja melangkahi orang yang tiduran. Semua mitos-mitos tersebut pernah ngetrend pada masanya yang ajaibnya bisa bikin generasi milenium terkenang hingga sekarang. Mungkin dari 12 mitos dibawah ini ada yang pernah kamu alamin?

Mitos yang Ngehits di Tahun 90-an (Via papasemar.com)

1. “Nyapu yang bersih, biar suaminya nggak brewokan”

Untuk anak gadis jaman semono, menyapu harus dilakukan dengan sungguh-sungguh. Sebab kalau asal-asalan dan hasilnya nggak bersih, kata ibu nanti suaminya brewokan. Dulu sih belum kenal oppa-oppa Korea yang lucu walaupun brewokan sekalipun. Yang ada brewokan jaman dulu identik sama om-om penjahat, makanya kalau nyapu harus yang bener-bener bersih ya.
Napu bersih biar suaminya nggak brewokan (Via kabelan-kurnia.blogspot.com)

2. “Sedotannya dibalik dulu, nanti hamil lho”

Mitosnya sih kalau ada cowok cewek yang pakai sedotan yang sama nanti bisa hamil, makanya kalau mau minjem sedotan mesti dibalik dulu ujungnya. Yah, namanya juga generasi polos yang belum ngerti gimana cara kerja reproduksi manusia. Bukan cuma itu, bahkan yang minum lewat satu sedotan yang sama bisa dianggep ciuman (secara nggak langsung). hmm~

Minum lewat sedotan bisa bikin hamil (Via kwikku.com)

3. Mitos pensil seujung kelingking

Mitos satu ini kental banget dikalangan anak sekolahan. Katanya sih kalau pensil yang pendeknya udah sejari kelingking masih kamu pakai nanti ibumu bisa meninggal. Sampai sekarang masih belum paham kenapa pensil pendek bisa bikin ibu meninggal, tapi ya namanya mitos percaya nggak percaya tetep aja dipercaya.
Mitos pensil pendek (Via everythingtoorisky.blogspo.com)

4. “Nih pegang batu aja biar nggak kebelet BAB”

Percaya nggak percaya, batu bisa lho ngilangin rasa kebeletmu. Taruh aja di saku celana atau kamu genggam kuat, niscaya rasa kebelet bakalan ilang dengan sendirinya. Inilah yang dipercaya anak 90an. Saking percayanya (mungkin) ada sebagian dari kamu yang rela bawa-bawa batu saat pelajaran atau main biar nggak kebelet pup. Iya kan?

Batu untuk nahan kebelet (Via kaskus.co.id)

5. Mitos hutang darah (?)

Jadi udah berapa banyak hutang darahmu? Mitos ini sempat menjadi ngetrend pada saat itu yang bikin anak milenium hati-hati jangan sampai melangkahi orang yang sedang tiduran. Sebab saat tak sengaja melangkahi, kamu akan dianggap hutang darah jika orang yang kamu langkahi tak balik melangkahimu.
Melangkahi orang tidur (Via iniiramaaieh.blogspot.com)

6. “Biar bisa terbang di ‘HAAAHH’-in dulu”

Kamu yang masa kecilnya penggemar pesawat kertas pasti tak asing dengan mitos yang satu ini. Jadi kabarnya biar pesawat kertasmu bisa terbang tinggi dan bagus, harus kamu ‘HAAAHH’-ini dulu sebelum terbang. Kalau pesawatmu beneran terbang tinggi berati jampe-jampemu berhasil.

pesawat kertas (Via coffee-philia.blogspot.com)

7. “Jangan keluar saat maghrib nanti diculik kalong wewe”

Mungkin mitos satu ini turut ambil bagian mendisiplinkan generasi 90an. Kata orang tua dulu sih kalau kamu keluar atau main pas maghrib bisa diculik kalong wewe, jin, genderuwo ataupun makhluk astral lainnya. Ini sebabnya jaman dulu anak-anak udah standby dirumah sebelum maghrib. Berbeda dengan sekarang yang bisa dengan santainya ngeluyur pas adzan maghrib berkumandang.

Diculik wewe (Via nnramma.wordpress.com)

8. Mitos warna putih di kuku tangan

Pernahkah kamu lihat kuku-kuku jari tanganmu dan menemukan tanda/ garis berwarna putih? Jika kamu temukan ada di tangan kanan tandanya ada yang sedang menyukaimu, namun jika di tangan kiri tandanya ada yang membencimu. Mitos ini sangat populer dan banyak dipercaya. Bayangkan saja saat kamu naksir si A, tiba-tiba muncul tanda putih di kuku tangan kanan, pasti kamu bahagia banget dikira si A juga naksir kamu, iya kan?

Mitos kuku (Via fantasticblue.net)

9. “Jangan duduk diatas bantal nanti bisulan”

Begitulah kata orang tua jaman dulu. Generasi dulu percaya kalau duduk diatas bantal (untuk kepala) nanti bisa kena bisul di pantat. Memang dirasa kurang sopan jika kamu duduk diatas bantal tidur makanya orang dulu sampai rela bikin mitos ini.

Duduk di atas bantal (Via ortibali.com)

10. “Coba liat anakmu ada berapa”

Bahagianya generasi 90an emang sederhana, sesederhana cara tahu berapa jumlah anakmu kelak walaupun tanpa teknologi canggih. Coba saja sek pergelangan tangan, lalu tekan dan cari ada berapa benjolan. Jika hanya satu, tandanya kamu akan punya anak 1 kelak, kalau ada 2 berati anakmu 2.
Mitos pergelangan tangan (Via kae16die.blogspot.com)

11. Mitos pulpen narkoba

Pulpen ini sempat populer dulu gara-gara isu narkoba yang disembunyiin didalemnya yang bikin aromanya jadi wangi dan bikin ketagihan. Fenomena ini sempat bikin heboh anak-anak sekolah pada jaman itu sehingga tak berani menggunakan pulpen ini. Padahal pupen wangi ini punya bentuk yang lucu dan unik dan biasa dijual di depan sekolah.

Pulpen narkoba (Via mindtalk.com)

12. “Awas jangan nunjuk-nunjuk kuburan”

Dulu kalau nggak sengaja nunjuk-nunjuk ke arah kuburan kamu harus lansung menghisap jarimu. Konon, jika tak langsung kamu hisap kamu akan dihantui oleh penunggu kuburan yang kamu tunjuk. Lumayan serem sih mitos yang satu ini. Alhasil, banyak generasi 90an yang nggak berani nunjuk ke arah kuburan bahkan sampai sekarang. Kamu salah satunya?

Menunjuk kuburan (Via gettyimages.com)

Namanya juga mitos, kamu boleh percaya atau tidak. Setidaknya 12 mitos diatas pernah dipercayai oleh generasi milenium saat itu. Mitos yang menjadi kenangan dan akan membuatmu senyam-senyum sendiri jika mengingatnya. Jadi, mitos mana nih yang pernah kamu percaya? Atau mungkin ada mitos lain di daerah kamu? Yuk bagikan pengalamanmu di kolom komentar 😀

7 Cara Menumbuhkan Jambang Dengan Bahan Sederhana Ini, Terbukti Ampuh dalam 7 Hari

7 Cara Menumbuhkan Jambang Dengan Bahan Sederhana Ini, Terbukti Ampuh dalam 7 Hari

Jika kaum hawa lebih merasa percaya diri dengan alis tebalnya, maka kaum adam juga akan merasa demikian dengan jambang tebalnya. Jambang atau brewok bagi laki-laki merupakan salah satu bentuk kedewasaan dan membuat terlihat lebih macho. Jadi tidak heran jika akhir-akhir ini banyak produk penumbuh brewok laris di pasaran.

Untuk mendapatkan brewok di wajah, berbagai cara pun dilakukan oleh para laki-laki. Dari yang menggunakan obat oles, sampai ada yang menggunakan obat penurun darah yang di jual di apotik, tentu hal ini memiliki efek samping yang tidak bisa disepelekan. Dari rasa gelisah, keluar keringat, tidak bisa tidur, sampai tenggorokan kering. Namun sebenarya ada cara lain yang lebih mudah dan lebih aman untuk menumbuhkan rambut di wajah kamu. Dengan bahan apa sajakah itu? Yuk kita simak bersama.

1. Minyak kemiri

Dari dulu minyak kemiri dikenal sebagai biangnya perawatan dan penumbuh rambut. Untuk mendapatkan jambang dengan cepat, kamu bisa menggunakan minyak kemiri di permukaan yang hendak kamu tumbuhi jambang. Minyak kemiri pun sangat mudah didapatkan, baik dengan membeli yang sudah jadi di pasaran atau dengan membuatnya sendiri.

Untuk membuat minyak kemiri sendiri sangat mudah, kamu bisa langsung membakarnya dan menghaluskan sampai keluar minyaknya dan siap dioleskan. Atau kamu juga bisa dengan mendapatkan minyak kemiri dengan proses yang lebih sempurna, yaitu dengan cara:

cara-menumbuhkan-jambang-1
  • Blender kemiri sampai halus
  • Sangrai kemiri yang sudah di blender
  • Jika sedikit keluar minyaknya, tambahkan air secukupnya
  • Kemiri lanjut di sangrai sambil diaduk-aduk sampai minyak keluar banyak
  • jika kemiri sudah mengeluarkan banyak minyaknya, maka saring minyak kemiri dan pisahkan dengan ampas kemiri.
  • Dalam proses sangrai, api kompor yang digunakan jangan terlalu besar, agar kemiri berubah menjadi minyak secara sempurna dan tidak gosong.

Jika sudah mendapatkan minyaknya, kamu bisa menggunakannya secara rutin dua kali sehari atau saat menjelang tidur.

2. Minyak Zaitun

Selain minyak kemiri, minyak zaitun juga dikenal sebagai salah satu bahan tradisional yang memiliki khasiat bagus untuk pertumbuhan rambut. Gunakan minyak zaitun secara rutin pada bagian yang hendak ditumbuhi jambang. Selain bagus untuk merangsang pertumbuhan rambut, minyak zaitun juga sangat bagus untuk menjaga kelembaban kulit wajah. Jadi selain mendapatkan jambang, kamu juga bisa mendapatkan kulit lembab sehat.

cara-menumbuhkan-jambang-2

Cara penggunaan minyak zaitun terbilang cukup mudah, pertama kamu cuci muka dahulu untuk membersihkan pori-pori dari kotoran, kemudian oleskan minyak zaitun secara merata ke permukaan kulit yang ingin ditumbuhi rambut. Jika kamu menggunakannya menjelang tidur, kamu bisa membersihkannya saat pagi hari.

3.Telur udang

Khasiat telur udang untuk pertumbuhan rambut memang bisa dikatakan nomor wahid. Banyak kalangan yanag sudah membuktikan khasiat telur udang dengan waktu singkat, bahkan hanya untuk beberapa kali pemakaian rambut sudah mulai tumbuh. Namun sayangnya telur udang sangat susah ditemukan. Penggunaan telur udang untuk pertumbuhan rambut sangat sederhana, yaitu kamu tinggal mengoleskannya saja pada dagu dan sisi pipi.

cara-menumbuhkan-jambang-3

Penggunaan telur udang untuk menumbuhkan rambut bisa dilakukan dua kali sehari, dan lebih baik digunakan saat malam hari. Jika telur udang sudah dioleskan pada kulit, maka diamkan selama 30 sampai 60 menit. Kemudian bilas dengan air bersih.

4. Mentega

Cara menumbuhkan jambang selanjutnya ialah dengan menggunakan mentega. Bahan yang satu ini siapa sangka memiliki khasiat ampuh menumbuhkan brewok, kumis, dan dapat juga menghitamkan alis kamu. Menggunakan mentega sebagai bahan penumbuh rambut sangatlah sederhana, kamu cukup mengoleskannya saja ke permukaan kulit kamu, dan diamkan beberapa saat. Lakukan hal tersebut secara rutin maka jambang kamu akan dengan cepat lebat.

cara-menumbuhkan-jambang-4

Sebelum menggunakan mentega, kamu bisa mencuci muka terlebih dahulu dengan menggunakan air hangat. Setelah itu oleskan mentega pada bagian yang hendak ditumbuhi rambut, dan diamkan selama 20 menit. Jika sudah dirasa cukup, cuci muka dengan air bersih.

5. Daun urang aring

Daun urang aring tidak hanya dikenal berkhasiat menghitamkan rambut, melainkan juga mampu membantu pertumbuhan rambut kamu. Jadi buat kamu yang menginginkan pertumbuhan rambut dengan cepat, kamu bisa menggunakan urang aring. Selain menggunakan minyaknya yang sudah jadi, kamu juga bisa menggunakan daunnya dengan cara menumbuk daun orang aring kemudian dioleskan ke permukaan yang yang ingin ditumbuhi rambut.

cara-menumbuhkan-jambang-5

6. Lidah buaya

Selanjutnya dengan menggunakan lidah buaya. Kandungan lidah buaya yang kaya akan nutrisi membuat tanaman yang satu ini bagus untuk perawatan rambut. Selain itu, enzim-enzim yang terdapat pada gel lidah buaya juga terbukti berperan sebagai stimulator pertumbuhan rambut. Jadi menggunakan lidah buaya untuk menumbuhkan jambang merupakan langkah yang tepat.
cara-menumbuhkan-jambang-6
Cara penggunaan lidah buaya ialah dengan mengambil gel yang ada di tengah lidah buaya. Pisahkan dari kulitnya, kemudian oleskan pada wajah kamu. Untuk mendapatkan gel lidah buaya yang berkualitas, pilihlah lidah buaya yang sudah besar.

7. Odol atau pasta gigi

Sebelum dikenal sebagai salah satu bahan perangsang pertumbuhan jambang, odol atau pasta gigi lebih dikenal sebagai bahan yang bisa mengobati jerawat dan menghilangkan komedo. Namun sebuah postingan di salah satu forum terbesar di Indonesia menyebutkan jika odol mampu menumbuhkan jambang dengan cepat, bahkan bisa dalam hitungan hari. Meskipun hal ini lantas menimbulkan pro dan kontra, namun hasil penelusuran saya, banyak testimoni yang bertebaran di beberapa forum di internet yang mengatakan keberhasilan mereka menumbuhkan jambang dengan pasta gigi dalam hitungan hari. Tidak salah loh kamu mencobanya, caranya yaitu dengan mengoleskan pasta gigi ke bagian-bagian yang hendak ditumbuhi rambut.

cara-menumbuhkan-jambang-7

Itulah tujuh cara menumbuhkan jambang dengan bahan sederhana yang ada di sekitar kita. Ketujuh bahan tersebut sudah terbukti mampu menumbuhkan jambang. Namun untuk menghasilkan jambang tumbuh dengan cepat kamu perlu melakukannya dengan rutin, selain itu mengkonsumsi makanan sehat, berolahraga, sering membersihkan muka, dan tidak mudah stres juga mempngarui hormon pertumbuhan jambang.

10 Mitos Jawa yang Kalau Dipikir Pakai Logika, Ternyata Masuk Akal Juga

10 Mitos Jawa yang Kalau Dipikir Pakai Logika, Ternyata Masuk Akal Juga

Masyarakat Indonesia memang tidak pernah jauh dari yang namanya mitos dan legenda. Terlebih orang Jawa, yang mempunyai banyak mitos yang kadang sulit dipercaya di kehidupan nyata. Namun ternyata, ada juga kok mitos-mitos Jawa yang biar pun terdengar aneh, tetap bisa diterima logika.

Dari sekian banyak mitos masyarakat Jawa yang sudah ada sejak lama, inilah 10 di antaranya yang kalau kamu mau menganalisanya dengan logika, ternyata masuk akal juga.

1. Jangan makan buah beserta bijinya, nanti bisa tumbuh di kepala

Mitos Jawa yang satu ini lumayan populer di kalangan anak-anak. Namun ternyata, dibalik mitos ini ada satu ajaran moral yang sangat bijak, bahwa kita diajarkan untuk selalu melestarikan alam dengan membiarkan biji dari buah yang kita makan bisa tumbuh dan berkembang. Bukan memakannya.

2. Kalau menyapu tidak bersih, nanti suaminya brewokan

Perempuan Jawa di jaman dulu cenderung menyukai pria yang tidak brewokan. Itulah mengapa, mitos ini diciptakan untuk menakut-nakuti perempuan lajang dijaman itu agar selalu menyapu rumah dan halaman hingga bersih.

Pada masa itu, brewok menggambarkan hal-hal yang belum bersih. Jadi kalau malas membersihkan rumah, maka perempuan Jawa akan mendapatkan jodoh yang malas membersihkan dirinya sendiri.

3. Jangan keluar rumah saat maghrib, nanti diculik Wewe Gombel

Anak-anak Jawa memang sangat takut dengan Wewe Gombel yang konon sering menculik anak kecil. Maka, dibuatlah mitos ini agar mereka tidak keluar saat maghrib tiba. Karena seperti kita tahu, magrib adalah waktu bagi umat Islam untuk menjalankan shalat maghrib.

Selain itu, magrib adalah waktu bagi mayoritas orang untuk beristirahat dan berkumpul bersama keluarga. Dengan alasan ini, bahkan sampai sekarang pun kalau orang ingin bepergian menjelang magrib, mereka akan menunggu sampai waktu maghrib terlewat.

4. Anak perempuan yang duduk di depan pintu, akan sulit mendapat jodoh

Mitos yang satu ini berkembang untuk mendidik anak perempuan agar berperilaku sopan. Sebab bagi masyarakat Jawa, duduk di depan pintu merupakan sikap yang kurang sopan, karena secara langsung menghalangi orang yang ingin masuk maupun keluar.

5. Kalau makan harus habis, atau hewan ternak akan mati

Kalau mitos ini, ditujukan untuk anak-anak yang susah makan dan sering sekali tidak mau menghabiskan makanannya. Di jaman dulu, hampir semua keluarga memiliki hewan ternak dan biasanya sangat disayangi oleh anak dari pemiliknya.
nikenwidowaty.blogspot.com
Dengan doktrin bahwa hewan kesayangannya akan mati, diharapkan si anak mau makan dan menghabiskan makanannya. Namun, saat budaya berternak di pekarangan rumah mulai ditinggalkan, mitos ini diganti dengan ‘nanti pak tani menangis’.

Satu hal penting yang diajarkan mitos ini, adalah agar kita selalu menghargai makanan sebagai bentuk rejeki, dan mengingat betapa banyaknya orang yang mati kelaparan.

6. Jangan makan menggunakan tutup piring

Larangan ini bertujuan baik, dimana kita diingatkan bahwa tutup piring dibuat bukan untuk tempat makan. Lebih lanjut, larangan ini juga bertujuan agar kita bisa memperlakukan barang sesuai fungsinya. Tidak hanya pada kasus tutup piring saja.

7. Duduk di atas bantal bisa menyebabkan bisulan

Orang Jawa selalu identik dengan budaya lesehan (duduk di lantai). Karena kebiasaan inilah, banyak anak yang menggunakan bantal sebagai alas duduk mereka. Maka berkembanglah mitos ini, agar mereka paham bahwa apa yang seharusnya untuk kepala, sangat tidak baik kalau digunakan untuk pantat.
satujam.com

8. Perempuan yang makan sayap ayam akan jauh ari jodoh

Menurut hasil penelitian, sayap ayam mengandung banyak lemak. Sehingga remaja perempuan yang hormonnya belum stabil, dikhawatirkan mengalami jerawatan akut karena mengkonsumsi sayap ayam yang rasanya memang enak itu.
kabarkuliner.com
Pemahaman inilah yang dimaksud dengan jauh dari jodoh. Kalau wajah tidak bersih, maka perempuan mana pun cenderung susah mendapat pasangan.

9. Jangan bersiul di malam hari kalau tidak ingin didatangi hantu

Mitos yang satu ini masih terus berkembang karena pada dasarnya, masyarakat Jawa sangat takut dengan hantu. Namun bukan karena hal itu mengapa larangan ini sampai dibuat, namun karena bersiul di malam hari bisa mengganggu tetangga dan merupakan sikap yang kurang sopan.

10. Jangan menyapu rumah ke arah luar agar tidak dijauhi rejeki

Mitos ini berkembang disaat banyak orang mulai membangun rumah yang tidak dilengkapi pintu belakang. Berdasarkan peruntungan Jawa, sebuah rumah harus mempunyai pintu belakang yang berfungsi untuk membuang kotoran saat menyapu, dan sebagai akses keluar masuk saat ada tamu agar tidak mengganggu.

Silaturahmi adalah salah satu perilaku sosial yang mengundang rejeki. Jadi sangat tidak sopan kalau ketika ada tamu, pemilik rumah justru menyapu ke arah depan rumah.

Bagaimana, mitos-mitos di atas sudah bisa kamu terima dengan logika?

Larangan Cewek Makan Sayap Ayam dan 2 Mitos Lain yang Harus Segera Kita Musnahkan

Larangan Cewek Makan Sayap Ayam dan 2 Mitos Lain yang Harus Segera Kita Musnahkan

Bisa dibilang, Indonesia adalah surganya mitos. Di sana-sini, kita bisa dengan mudah menemukan berbagai mitos tentang ini-itu. Karena itu, sebagai orang berpendidikan, seharusnya kita menggunakan logika ketimbang percaya begitu saja. Seperti dalam menyikapi mitos-mitos ngawur di bawah ini.

‘Nyapu yang bersih, biar nanti suamimu nggak brewokan’

Kalau kamu cewek dan sering ditegur dengan dalih mitos ini, berarti keluargamu masih mengagung-agungkan mitos. Sepertinya memang tidak ada yang salah, tapi semakin ke sini, keefektifan mitos ini makin dipertanyakan. Pasalnya, semakin banyak saja cowok yang tetap ganteng dengan brewoknya.

‘Kalau cewek berani makan sayap ayam, dia akan ditolak terus sama cowok’

Ada dua hal yang janggal dari mitos kedua ini. Pertama, kalau cewek yang makan sayap ayam secantik ini, cowok mana yang mau nolak?

Yang kedua, cewek Indonesia selalu koar-koar soal kesetaraan gender, tapi pada prakteknya, mereka tetap saja enggan nembak duluan. Artinya apa? Semakin mereka tidak berani menyatakan cinta, dan semakin mereka lebih memilih mengunggu, maka kesempatan mereka ditolak cowok semakin kecil.

‘Bulu mata jatuh, berarti ada yang kangen’

Mitos ini benar-benar konyol. Coba bayangkan, kamu baru saja jadian dan di saat yang sama kamu dan pacarmu sama-sama merasakan kangen yang menggebu-gebu. Kalau memang mitos ini benar-benar valid, maka dijamin, semua bulu matamu dan juga pacarmu sudah pasti rontok semua.

Sekali lagi, dengan menulis artikel ini, saya ingin mengingatkan agar kita semua selalu melibatkan akal sehat dalam menerima segala macam informasi, tak terkecuali mitos. Karena percaya atau tidak, banyak mitos yang beredar di masyarakat yang kadar menyesatkannya jauh lebih parah ketimbang hoax.

Penelitian Ini Membuktikan, Jika Cowok Berjenggot Lebih Menggoda di Mata Wanita

Penelitian Ini Membuktikan, Jika Cowok Berjenggot Lebih Menggoda di Mata Wanita

Beberapa tahun belakangan trend cowok berjenggot sepertinya sedang menjamur di kalangan pria dewasa. Bahkan banyak pria terkenal yang kini lebih menyukai merawat jenggotnya dibandingkan tampil polos, diantara pria terkenal yang memilih berpenampilan berjenggot Zain Malik dan Lionel Messi.

Bagi muslim, tentu memilih berjenggot karena ada alasan tertentu yaitu anjuran dalam syariat Islam untuk memanjangkan jenggot. Namun diluar hal tersebut, ternyata berjenggot memiliki beberapa “keuntungan” tersendiri. Selain konon pria berjenggot wajahnya lebih terjaga dari kotoran dan bakteri, cowok berjenggot juga lebih menarik di mata wanita.

Penelitian pandangan wanita terhadap pria berjenggot

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan para ilmuwan dari University of Queensland, Charles Sturt University dan University of New South Wales, mendapatkan hasil penelitian jika wanita lebih menyukai pria yang berjenggot dibandingkan dengan yang memiliki wajah polos licin.

Penelitian ini melibatkan lebih dari 8.500 wanita, menurut  Dr Danielle Sulikowski, ketua tim penelitian ini mengatakan tujuan adanya penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh jenggot terhadap daya tarik lawan jenis terhadap pria.

Melalui tes dengan menunjukkan foto laki-laki sebelum berjenggot dan sesudah berjenggot kepada para wanita tersebut. Hasilnya mayoritas wanita lebih menyukai pria yang berjenggot dibandingkan pria yang berwajah bersih licin tanpa jenggot.

Namun dalam penelitian ini juga mendapatkan fakta jika pria berjenggot tipis lebih menggoda dibandingkan dengan yang jenggotnya tebal, terlebih terlihat tidak terawat.

Adapun alasan wanita lebih menyukai cowok berjenggot diantaranya ialah sebagai berikut.

Pria berjenggot terlihat lebih maco dan maskulin

Dari penelitian yang dilakukan  Dr Danielle Sulikowski dan timnya, mereka mendapatkan alasan kenapa wanita lebih menyukai cowok berjenggot. Alasan yang pertama ialah menurut para wanita, pria berjenggot terlihat lebih gagah dan maskulin.

Khususnya mereka yang berjenggot tipis dan terawat, dimata wanita pria dengan berjenggot tipis terlihat lebih maco dan lebih menggoda.

Dimata wanita, pria berjenggot terlihat lebih dewasa

Alasan kedua kenapa wanita lebih menyukai pria berjenggot, ialah karena pria berjenggot terlihat lebih matang dan lebih dewasa.

Sebagaiman diketahui, jika wanita lebih cenderung tertarik kepada pria yang lebih dewasa darinya daripada pria yang lebih muda. Mungkin terasa lebih nyaman dengan yang dewasa kali yah.

Pria berjenggot lebih fashionable

Tidak dipungkiri trend fashion pria saat ini memang lebih baik dibandingkan dengan masa-masa sebelumnya. Salah satu trend fashion yang lagi ngetrend di kalangan pria dewasa ialah fashion yang selaras dengan pria berjenggot.

Dimata wanita, cowok yang memiliki jenggot terlihat lebih fashionable. Inilah salah satu alasan wanita lebih menyukai pria berjenggot.

Pria berjenggot merupakan sosok suami dan ayah yang baik

Masih dari penelitan yang dilakukan  Dr Danielle Sulikowski, banyak wanita yang merasa nyaman dengan pria berjenggot. Menurutnya cowok berjenggot lebih bisa mengayomi keluarga. Saat menjadi suami dan ayah, pria berjenggot pun kono lebih baik menjalani posisi tersebut.

Itulah penelitian yang membuktikan jika cowok berjenggot lebih menggoda di mata wanita. Bagaiman menurut penilaianmu dengan pria berjenggot?

3 Alasan Mengapa Pria Berbulu Begitu Menarik Di Mata Wanita

3 Alasan Mengapa Pria Berbulu Begitu Menarik Di Mata Wanita

Hm.. wanita mana yang tak suka punya pasangan pria berbulu seperti David Beckham, Pangeran Harry, atau Chris Evans? Kamu, pasti senyum-senyum sendiri saat membayangkan pria-pria seperti mereka jadi pendamping hdupmu. Benar?

Itu wajar, karena dari sudut pandang ilmiah pun, setidaknya ada tiga alasan masuk akal mengapa kaum Hawa begitu tertarik pada pria berbulu, terlebih pria dengan bulu di wajah alias brewokan.

1. Punya kadar testosteron yang lebih tinggi

Pria dengan kadar testosteron lebih tinggi cenderung memiliki dorongan seks yang lebih tinggi. Mereka juga punya kesempatan hidup lebih lamar, lebih percaya diri, dan jujur. Selain itu, mereka memiliki lebih banyak energi dan optimisme. Semakin berbulu seorang pria, semakin tinggi juga kadar testosteron di dalam tubuhnya.

2. Cerdas

Percaya atau tidak, ternyata ada hubungan erat antara rambut pada tubuh seorang pria dengan kecerdasan yang dimilikinya. Dan benar saja, bulu dada memang banyak ditemukan pada pria-pria yang berprofesi sebagai dokter, ilmuwan, serta mereka yang berpendidikan tinggi.

3. Lebih sehat

Bulu pada tubuh juga bisa berfungsi sebagai pendeteksi parasit. Sebuah penelitian menemukan bahwa serangga lapar yang ditempatkan pada ketiak yang tidak dicukur cenderung mendapatkan sedikit makanan, karena bulu ketiak mampu memperlambat kutu dan memberi sinyal peringatan.

Jadi bagaimana, apa kamu sudah berpasangan dengan David Becham? Maksud saya, apa kamu sudah menemukan pasangan yang berbulu lebat seperti mantan pesepak bola nomor wahid itu? Kalau belum, mungkin kamu perlu membelikan pasanganmu sebotol Wak Doyok 🙂