Beda Jenis Kutu, Beda Pula Penyakitnya. Apa Saja Jenis-jenisnya?

Beda Jenis Kutu, Beda Pula Penyakitnya. Apa Saja Jenis-jenisnya?

Kutu, adalah serangga parasit berukuran kecil yang bisa ditemukan di kepala, tubuh, wajah, hingga daerah kemaluan. Kutu bertahan hidup dengan hinggap di manusia, yang kemudian akan membuat Anda merasa gatal. Namun, tahukah Anda jika jenis kutu yang ditemukan di setiap area tubuh berbeda satu sama lain? Apa saja masalah kesehatan yang bisa ditimbulkan akibat kutu? Simak di bawah ini, yuk!

Kutu kepala

Kutu kepala berada di area kulit kepala dan leher, menempelkan telurnya ke dasar batang rambut. Kutu rambut tidak bisa melompat atau terbang, mereka hanya bisa bergerak dengan cara merangkak. Karena itu, kutu kepala biasanya menyebar melalui kontak kepala langsung yang memungkinkan hama ini merangkak dari rambut seseorang ke rambut orang lain, misalkan penggunaan sisir bergantian.

UNTUK MENDAPATKAN PRODUK INI ATAU INFORMASI LEBIH LANJUT, SILAHKAN HUBUNGI:

CUSTOMER CARE TIKA :  0857-3314-8676 (INDOSAT)

WA KLIK : HTTP://BIT.LY/085733148676

BBM : HTTP://BIT.LY/DDB856EE

LINE : HTTP://LINE.ME/TI/P/~FOLTIBAFFI_CENTER

WEB : HTTP://WWW.OBATPENUMBUHKUMIS.NET

Dibandingkan dengan jenis kutu lainnya, kutu kepala tidak dapat menularkan penyakit apa pun. Kutu kepala hanya dapat menimbulkan gejala ringan, berupa rasa gatal (pruritus) sebagai reaksi alergi terhadap gigitan kutu. Gejala lain dari kutu kepala di antaranya adalah sensasi sesuatu bergerak di rambut, tidak bisa tidur karena rasa gatal di kepala, dan luka di kepala karena goresan.

Kutu tubuh

Kutu tubuh hidup dan bertelur di atas pakaian, dan pindah ke kulit manusia untuk mencari makan. Kutu tubuh dapat menyebarkan penyakit, terutama jika Anda tidak menjaga kebersihan diri dengan baik.

Tak seperti dugaan banyak orang, ternyata anjing, kucing, dan hewan peliharaan lainnya tidak berperan dalam perpindahan kutu manusia. Anda hanya bisa tertular kutu dari manusia lainnya, tidak bisa dari spesies yang berbeda seperti anjing.

Kutu di badan diketahui menularkan penyakit (epidemik tifus, demam parit, dan louse-borne relapsing fever).

  • Tifus adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri rickettsial yang dibawa oleh kutu dan tungau. Ketika kutu dan tungau yang membawa bakteri rickettsial menggigit seseorang, bakteri penyebab tifus ini pun akan lantas pindah dan menginfeksi tubuh.
  • Trench fever atau demam parit adalah penyakit yang disebabkan oleh kutu tubuh. Penyakit ini dikenal sebagai demam lima hari, dengan gejala seperti demam tinggi mendadak, sakit kepala parah, sakit punggung, nyeri kaki, dan ruam tubuh.
  • Louse-borne relapsing fever merupakan penyakit akibat kutu yang disebabkan oleh Spirochaete borrelia recurrentis, yaitu bakteri yang ditularkan oleh kutu pada manusia.

Kutu kemaluan

Kutu kemaluan biasanya ditemukan menempel pada rambut di area kemaluan. Namun, jenis kutu ini terkadang ditemukan pada rambut kasar di bagian tubuh lain. Misalnya di alis, bulu mata, jenggot, kumis, bulu dada, ketiak, dan lain-lain. Kutu kemaluan biasanya menyebar melalui kontak seksual. Sekali lagi, anjing, kucing, dan hewan peliharaan lainnya tidak bisa menularkan jenis kutu ini pada manusia.

Penyakit kutu kemaluan disebabkan oleh parasit Pthirus pubis yang menyebar melalui kontak fisik seperti hubungan seksual pada vaginal, anal, dan oral; berciuman; dan berpelukan. Beberapa komplikasi yang bisa disebabkan oleh infeksi kutu kemaluan di antaranya adalah gangguan pada mata dan kulit, impetigo, furunkulosis (kemunculan bisul pada kulit), peradangan mata (blepharitis), dan konjungtivitis (infeksi selaput lendir mata).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Penampilan semakin macho

Anda akan menjadi lebih percaya diri dengan penampilan baru anda setelah menggunakan Folti Baffi. Dapatkan harga spesial dan promo menarik dari kami.

Dapatkan Folti Baffi Di Marketplace Kesayangan Anda

Lazada
Shopee
Bukalapak
Tokopedia
Pemesanan Penumbuh Brewok Terbaik dan Terbukti ini, Anda Bisa Chant dengan Kontak dibawah ini

Blog Obat Penumbuh Kumis

Copyrigth www.obatpenumbuhkumis.net – Member of Folti Baffi Indonesia